Saturday, October 22, 2011

Malming, Episode 5 - Stress

Selamat Malam guys :) para pembaca yang terkasih (hoho). Edisi kali ini bakal ngebahas soal Stress ; Tekanan ; Depresi ; Frustasi ; dsb. Mungkin buat anak sekolah gue yang baca ini (UPHc) baru aja kita ambil raport hari jumat kemaren, mungkin ada juga yg menjadi SAR (student at risk), dan bisa dipastikan pasti berat rasanya menjadi SAR atau mungkin stress karna nilai jelek di raport.

Gue sendiri juga sempet tertekan pas ngeliat nilai KIMIA gue. F* yg lulu kkm cuman 2 nilai (LOL), tapi entah kenapa gue masih nyantai, atau emang dasarnya gue rada gak peduli.

Berbicara soal stres; tekanan; dsb. Pastinya di dalam kehidupan keseharian kita, kita sering mengalami hal demikian, tapi stres yang gak parah ampe 'mati dini' kan ? amit amit gak deh. HEHE. Gue ambil contoh dari pengalaman gue, gue sering (gak sering juga) dapet tekanan ampe dimana gue ngerasa bener-bener tertekan, lagi sekolah aja pikiran gak fokus dan hampir ngerusak seharian itu. Badmood lah, marah mendadak, banyak pikiran, dan akhirnya yg kena getah temen gue yang gak ada hubungan sama sekali.



Pas hari kamis, gue baru diajarin dampak (+) dari stres, believe it or not, dengan adanya stres kita bisa lebih maju. Analoginya, Elang dan Salmon. Elang, kalau ketemu badai dia gak turun dan menghindar dari badai, tapi justru malah makin naik dan ngebuat badai itu sebagai batu loncatan untuk makin tinggi. Salmon, kenapa ikan ini kok keliatan 'spesial' banget? FYI : Salmon berenang gak mengikuti arus, tapi melawan arus, melawan tekanan yang diberikan sampai akhir hidupnya, walau akhirnya mati di tangan Manusia juga :p.

Justru lu harus bersyukur bahwa lu pernah stres (tekanan) dan jangan mengluh, tekanan yang diberikan bertujuan untuk bantu elu, bukan semata-semata saja tapi beneran terbantu. Contoh : Tekanan PR pas SMA, tugas ngalir kayak orang mencret, banyak banget, tetapi di balik itu, nanti pas masa kuliah, tugas bakal berasa enteng, karena dari SMA tugas emang uda ngalir kayak diare.

Tetapi perlu diingat juga stres yang berlebihan itu bukan ngebuat lu makin baik tapi malah ngejatuhin elu, sesuatu yang berlebihan dimana-mana gak selalu baik.

Jadi, kalo lo bisa ngebuat 'stres atau tekanan' itu menjadi batu loncatan, yah berbuatlah demikian. Jangan karna stres dan sedikit tekanan itu, lu malah mundur "Ah, gue gak bisa, gue gak mampu." Lo bisa kalo Lo Mau. Simple aja, kenapa ada orang yang bisa berenang? Karena dia mau berenang. Ada kemauan pasti ada Kemampuan :)

Sekian dari post kali ini, mungkin minggu lalu gue masang cerpen : Angin Senja. Cerpen itu adalah cerpen buatan gue untuk tugas BI gue :), walau aneh juga ceritanya. hehehe.

Kasih masukan, komentar dan kritik ya :) Thanks, and Good Night

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...