Saturday, November 19, 2011

Malming, Episode 8 - Step by Step

Pas kemarin lagi di mobil menuju tempat ibadah. Temen gue yg nyetir dan penumpang lainnya lagi ngobrol, secara gak langsung gue pun turut mendengarkan. Mereka menceritakan bagaimana susahnya jadi anak kuliahan, yang tugasnya itu bejibun. Selain karena tugas, ada temen gue ini yang suka banget sama nge-MC, walau kadang gak dikasih honor, tapi dia tetep ngelakuinnya, maybe this is his passion. Salut gue.

Topik hari ini yang gue bawa juga menyangkut soal, tunda menunda, yang gak lain adalah hal yang sering banget kita lakuin tanpa kita sadari, kalopun udah sadar tetep aja masih diulangi. Tentu, udah banyak banget orang yang berbicara soal ini, but gue cuman mau kasih beberapa perkataan aja, yang mungkin sama atau beda dengan orang lain.


Mungkin banyak banget dari kita yang udah sering ngalamin, SKS, atau sistem kebut semalem. Bagi pelajar kayak gue, sks itu udah merupakan sistem yang udah berlaku sejak gue SD ampe SMA sekarang, but entah mengapa sks itu terlihat efisien dengan waktu, tetapi aslinya gak.

Sesuatu yang dilakukan secara instan, atau sesuatu dengan skala besar langsung dilakukan di satu waktu, bukanlah sebuah hal yang baik. Contohnya, tugas sekolah. Kalo di sekolah gue, terkadang ada Big Project, dimana satu kelas itu berkontribusi dan membutuhkan waktu yang cukup panjang, sehingga sifat 'tunda menunda' sangatlah tidak dibutuhkan.

Pengalaman pas bikin Science Fair kemarin (baca post tentang Science Fair), sempet satu kali, entah mengapa kami membiarkan 4 Hari terbuang sia-sia cuman buat bagi tugas dan gak ngelakuin apa-apa, padahal pengumpulan tugasnya udah gak lama lagi. Pada saat itu gue lagi di luar kota, jadi gue gak tahu menahu soal ini, pas balik gue menemukan kayak gini. Gue selaku koordinator, langsung marah, gak tau mau ngomong apa, dalam hati gue udah maki-maki "4 HARI WEEEI, SAYANG BANGET KALO DIBUANG. PUNYA OTAK GAK SIH ?!".

Saat itu, gue udah super bingung mau gimana. Sampai akhirnya, seorang Guru berkata sama gue :) Jalanin aja, lakuin step by step. Kalo semua ikut berkontribusi 3 hari juga selesai. Jujur aja, terkadang gue adalah seorang yang super pesimis, saat itu gue masih gak yakin. Bo huat, gue ikutin aja. Jalanin, step by step.

Next ? Kita 11 IPA 1, Juara 2 di Science Fair. Pengerjaannya step by step, gak dalam satu hari atau SKS. Entah mengapa, serasa semua itu terkoordinir dan hasilnya memuaskan :)

Nah, sekarang giliran elu pada yang harus bisa doing something step by step. Kalo lo makan nasi, gak langsung 1 lahap 1 piring kan ? tapi 1 lahap per sendok, nyicil aja :) toh, kalo pun elu emang harus sks, setidaknya dengan cicilan ini, bakal ngurangin beban yang bakal numpuk. Selesai lebih awal toh bagus juga, lebih bagus malah :)

Jadi, try it now. Doing something in step by step, sebuah kesuksean dimulai dari 1 langkah. Kesukses-an yang instan, bakal berakhir dengan instan juga :) Good luck maam or dude.

HORAS !!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...