Saturday, September 24, 2011

Malming, Episode 4 - Forgiveness

Selamat malam, jomblo-ers yang mungkin sekarang lagi bengong. bingung mau malming sama apa dan siapa. well, sekilas info aja, hari ini gue malming bersama labtopnyaervanganteng, labtop ini udah ngebantuin gue dalam segala hal. pas lagi galau, lagi kerjain tugas atau pas lagi iseng bikin novel :)

Hari ini, gue mau bahas soal pengampunan. mungkin bagi lu-lu pada, maafin orang itu adalah yang amat sangat sulit. Yep, gue setuju banget sama lu semua. bagi gue sendiri, ngampunin orang yang berbuat salah ke gue walau cuman sekecil upil, rasanya berat bgt buat dimaafin, apalagi udah menyangkut soal perasaan, makin SUSAH maam. Tapi, baru kemarin ini, di komunitas gue, gue dikasih soal pengampunan ini, dan gue mau ngeshare sama kalian :)



Ada beberapa hambatan yang ngebuat orang itu gak mau ngampunin atau 'orang pertama' yang minta maaf.

Pertama itu Gengsi. Remaja jaman sekarang lebih mentingin harga diri dibanding relasi yang baik antar sesama. Mereka cenderung untuk lebih mengikuti ego mereka, 'Gue bener kok, kenapa harus gue yang minta maaf ?' dan masih banyak contoh kalimat lain.

Kedua itu Cuek. Terkadang ada orang yang sangking cueknya, dia ampe gak peduli kalo dia punya salah gak sama yang lain. Tipikal ini biasanya, suka ngerocos tanpa mikirin orang yang di cerocosi itu sakit hati. Kalo lu punya temen yang tipikal begini, lu harus ngmg langsung gak bisa ngmg di blkng, dan kalo uda ngakar kuat di kebiasaan dia, lu musti maklumin, itu artinya otak dia bermasalah. hehe.

Dan masih banyak lagi, gak cuman ini aja. Tapi, bukankah, kata "Maaf" yang tulus dan ikhlas adalah sebuah kata ajaib yang bisa nyambungin jembatan persahabatan yang rusak ? hehehe. Gue sendiri, lagi belajar buat ngampunin dan mencoba untuk meminta maaf ke orang-orang yang bersangkutan :D

Jadi, Pengampunan yang baik dan benar :) ada 3, menurut versi gue.

Pertama, pengampunan yang tulus. lu bener-bener mau ngampunin, bukan karena disuruh bukan karena dipaksa, tapi dari kesadaran sendiri. kesadaran buat memperbaiki jembatan yang rusak.

Kedua, pengampunan yang ikhlas. elu disakiti, elu ngerasa sakit banget, dan rasanya sulit banget ngampunin secara ikhlas. melepaskan semua dendam yang udah ditanem dan siap meledak bagai ranjau. keikhlasan bisa bawa ketenangan ke hati lu, semakin tenang dan damai :)

Ketiga, melupakan akan kejadian dimana lu disakiti. perumpamaannya, lu lagi suka cewek, trus lu mikirin dia terus, akhirnya lu jadi galau. sama kayak ini, semakin lu pikiran kejadian 'itu' semakin lu marah dan marah, atau kesel atau mungkin makin benci. try to forget it :)

Jadi, pengampunan itu adalah Tulus, Ikhlas dan Melupakan kejadian itu.

This is what i will say, gue bukan seorang yang bijak dan selalu berkata benar, mungkin beberapa lu bisa aja bilang, gue cuman seorang yang teoritis, nyatanya gue lagi belajar, sama-sama belajar buat mengampuni dengang tiga kriteria di atas. SUSAH, emang bener susah dan amat sangat susah, Tapi kalo Dia bisa, kenapa kita tidak bisa ?




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...