Saturday, September 17, 2011

Malming, Episode 3 - Komukasi

Selamat malam guys :) hari ini gue gak malming lagi ama keyboard dan mouse kesayangan gue, hari ini gue pergi ke Bynamic. festival sekolah binus, disitu gue ketemu sama temen lama gue, dan beberapa temen baru, dan disitu gue belajar soal komunikasi.

Komunikasi itu penting, penting banget. gimana caranya kita bisa kenal atau tau orang itu, karena kita komunikasi. komunikasi ada banyak bentuk, ada yang berupa verbal alias kita ngomong, atau secara non-verbal yang artinya gaya bahasa atau gerak tubuh. orang lebih sering pake kedua tipe ini bersamaan, contohnya pas lagi di keramaian, teriak-teriak sekalian pake gaya bahasa.


Kenapa komunikasi itu Penting ?

beberapa hari yang lalu, gue dapet masalah, dan masalah ini berawal dari mis-komunikasi. komunikasi yang buruk serta pemahaman akan komunikasi (bukan teorinya tapi penerapannya), malah memperburuk masalah yang sebelumnya. dan gue ngerasa, bahwa komunikasi itu sangat amat dibutuhkan. Entah gimana caranya, pasti harus kudu musti ada komunikasi. semakin jarang kita berkomunikasi, semakin besar peluang buat masalah itu masuk.

pengalaman lain, sesuai dengan post gue yang dibawah tentang Terbuka. awalnya gue gak seneng ama temen gue ini (orang yang berbeda), gayanya dan segalanya gak suka. uda sering banget gue ngomongin dia dari belakang, ngomong kejelekannya. dan akhirnya gue coba untuk ngomong ke dia, alhasil dia emang gak berubah. nyerah tampaknya, tapi gak, gue coba lagi buat ngomong ke dia. emang gak secara langsung cuman lewat BBM, tapi dia nunjukkin adanya perubahan. perubahan yang kecil itu sangat berarti.

sekecil apapun komunikasi, tetaplah ia penting. jadi gini, bukan berarti lu harus cerewet, karena komunikasi itu cenderung identik dengan cerewet. maksud gue, bukan jadi cerewet, tapi berkomunikasi layaknya sesama manusia, bukan manusia ama patung. kalau bisa, berkomunikasilah secara rutin dalam arti, gak setiap hari tapi dengan bantuan skala, seminggu 3x mungkin atau bagaimana. usul yang barusan gue kasih, itu buat komunikasi antar temen yang jauh, supaya gak ilang kontak.

Komunikasi ke Keluarga itu terpenting. siapa lagi yang selalu memberikan kecukupan buat lu ? Mungkin keluarga gak kayak di film-film yang menunjukkan sebuah kesempuranaan, tapi lu patut bersyukur setidaknya lu punya keluarga dan lu punya temen-temen lu, yang lu anggap sebagai keluarga. ada orang berkata, teman itu adalah keluarga yang kupilih. kalo lu pilih temen yang buruk, jelas aja kalo keluarga mungkin juga buruk.

Komunikasi ke Temen, kalau lagi masalah bukankah lebih baik berkomunikasi ? justru kalo saling diem malah jadi perang dingin, dan malah memperkeruh suasana. jadi, bagi lo yang lagi ada masalah sama orang, atau lagi suka ngomongin kejelekan di belakang, coba deh lu samperin anak bermasalah itu dan lu ngomong ke dia. setidaknya cobalah, ngomong di depan.

well, inilah post saturday night gue :) setidaknya gue uda mencoba disiplin selama 2 minggu gue bikin, dan meluangkan waktu sebelum tidur buat nyalain kompi dan ngetik ini :)

sekian dari post kali ini, semoga lu bisa belajar dan bisa mendapatkan makna yang sebenernya mau gue sampein. hehe.

Good Night, Guys ! B)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...